jump to navigation

Surat Quraisy

Posted By Gus Mad  –  23 Oktober 2009   @ 09.15 WIB.

Surat ini diberi nama berdasarkan kata قُرَيْشٍ yang muncul pada ayat pertama surat. Pada saat itu, kakek Rasulullah, Abdul Mutholib, adalah merupakan pemimpin suku Quraisy yang sangat dihormati dan suku Quraisy adalah pemegang otoritas tradisi untuk menguasai dan mengelola sumur zam-zam. Abdul Mutholib kemudian membangun permukiman di sekitar sumur zam-zam. Surat ini mempunyai kaitan yang sangat erat dengan surat Al-Fiil.

Salah seorang sahabat bernama Ubay bin Ka’ab adalah satu-satunya yang berpendapat bahwa surat Quraisy dan Al-Fiil adalah sebetulnya satu surat. Namun, dia kalah dalam sebuah voting sehingga akhirnya dua surat tersebut dipisahkan.

لِإِيلَافِ قُرَيْشٍ
Karena kebiasaan orang-orang Quraisy

إِيلَافِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاء وَالصَّيْفِ
(yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas.

فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَذَا الْبَيْتِ
Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Ka’bah).

Kata ilafa (kebiasaan) pada ayat pertama dan ke dua nmenunjukkan ikatan yang sangat erat antara surat ini dengan surat Al-Fiil.

Bila dilihat dari aturan tanda-tanda bacaannya yang berupa washol (berlanjut), waqof (berhenti), dan la waqof fihi (jangan berhenti di sini), surat Quraisy sebetulnya terdiri hanya atas satu ayat.

لِإِيلَافِ قُرَيْشٍ

Karena kebiasaan orang-orang Quraisy,

إِيلَافِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاء وَالصَّيْفِ

(yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas

فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَذَا الْبَيْتِ

Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Ka’bah).

الَّذِي أَطْعَمَهُم مِّن جُوعٍ وَآمَنَهُم مِّنْ خَوْفٍ

Yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan.

Inti dari surat ini adalah perintah: maka beribadahlah (فَلْيَعْبُدُوا) seperti yang tercantum dalam ayat ke tiga.

Jadi dalam kehidupan sehari-haripun, cara-cara memberi pengertian semacam inilah yang sehrausnya diberikan pada anak-anak kita. Jangan dekati mereka dengan ancaman-ancaman tentang dosa dan siksa neraka, tapi ajaklah supaya mereka berterima kasih atas semua nikmat Allah yang diberikan secara gratis (anggota tubuh yang berfungsi, udara untuk bernafas, bumi yang subur sebagai media sumber makanan, dsb).

Surat ini meskipun ditujukan untuk kaum Quraisy, namun esensinya adalah untuk kita semua. Contoh-contoh nikmat Allah berikut diberikan:

1) Allah menciptakan bayang-bayang sebagai pertanda siang dan malam. Dengan perubahan ini maka terjadi perbedaan temperatur, maka terjadilah sirkulasi udara dari tempat yang dingin (malam, temperatur rendah) ke tempat yang lebih panas (siang, temperatur tinggi).

أَلَمْ تَرَ إِلَى رَبِّكَ كَيْفَ مَدَّ الظِّلَّ وَلَوْ شَاء لَجَعَلَهُ سَاكِناً ثُمَّ جَعَلْنَا الشَّمْسَ عَلَيْهِ دَلِيلاً

Apakah kamu tidak memperhatikan (penciptaan) Tuhanmu, bagaimana Dia memanjangkan (dan memendekkan) bayang-bayang dan kalau Dia menghendaki niscaya Dia menjadikan tetap bayang-bayang itu, kemudian Kami jadikan matahari sebagai petunjuk atas bayang-bayang itu, (QS 25, Al-Furqan: 45).

وَلِلّهِ يَسْجُدُ مَن فِي السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ طَوْعاً وَكَرْهاً وَظِلالُهُم بِالْغُدُوِّ وَالآصَالِ

Hanya kepada Allah-lah sujud (patuh) segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan kemauan sendiri ataupun terpaksa (dan sujud pula) bayang-bayangnya di waktu pagi dan petang hari. (QS 13, Ar-Rad: 15).

Ayat-ayat berikut menggambarkan nikmat Allah yang tak terhitung jumlahnya, seperti yang diberikan dalam Al-Waqi’ah: 68-70, Ya Sin: 33, Al-An’am: 63, Al-Anfal: 11.

وَاللّهُ جَعَلَ لَكُم مِّمَّا خَلَقَ ظِلاَلاً وَجَعَلَ لَكُم مِّنَ الْجِبَالِ أَكْنَاناً وَجَعَلَ لَكُمْ سَرَابِيلَ تَقِيكُمُ الْحَرَّ وَسَرَابِيلَ تَقِيكُم بَأْسَكُمْ كَذَلِكَ يُتِمُّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تُسْلِمُونَ

Dan Allah menjadikan bagimu tempat bernaung dari apa yang telah Dia ciptakan, dan Dia jadikan bagimu tempat-tempat tinggal di gunung-gunung, dan Dia jadikan bagimu pakaian yang memeliharamu dari panas dan pakaian (baju besi) yang memelihara kamu dalam peperangan. Demikianlah Allah menyempurnakan nikmat-Nya atasmu agar kamu berserah diri (kepada-Nya). (QS 16: An-Nahl: 81).

أَفَرَأَيْتُمُ الْمَاء الَّذِي تَشْرَبُونَ

أَأَنتُمْ أَنزَلْتُمُوهُ مِنَ الْمُزْنِ أَمْ نَحْنُ الْمُنزِلُونَ

لَوْ نَشَاء جَعَلْنَاهُ أُجَاجاً فَلَوْلَا تَشْكُرُونَ

Maka terangkanlah kepadaku tentang air yang kamu minum.

Kamukah yang menurunkannya atau Kamikah yang menurunkannya?

Kalau Kami kehendaki, niscaya Kami jadikan dia asin, maka mengapakah kamu tidak bersyukur? (QS 56, Al-Waqi’ah: 68-70).

وَآيَةٌ لَّهُمُ الْأَرْضُ الْمَيْتَةُ أَحْيَيْنَاهَا وَأَخْرَجْنَا مِنْهَا حَبّاً فَمِنْهُ يَأْكُلُونَ

Dan suatu tanda (kekuasaan Allah yang besar) bagi mereka adalah bumi yang mati. Kami hidupkan bumi itu dan Kami keluarkan dari padanya biji-bijian, maka daripadanya mereka makan. (QS 36, Ya Sin: 33).

قُلْ مَن يُنَجِّيكُم مِّن ظُلُمَاتِ الْبَرِّ وَالْبَحْرِ تَدْعُونَهُ تَضَرُّعاً وَخُفْيَةً لَّئِنْ أَنجَانَا مِنْ هَـذِهِ لَنَكُونَنَّ مِنَ الشَّاكِرِينَ

Katakanlah: “Siapakah yang dapat menyelamatkan kamu dari bencana di darat dan di laut, yang kamu berdoa kepada-Nya dengan rendah diri dengan suara yang lembut (dengan mengatakan: “Sesungguhnya jika Dia menyelamatkan kami dari (bencana) ini, tentulah kami menjadi orang-orang yang bersyukur”.” (QS 6, Al-An’am: 63).

إِذْ يُغَشِّيكُمُ النُّعَاسَ أَمَنَةً مِّنْهُ وَيُنَزِّلُ عَلَيْكُم مِّن السَّمَاء مَاء لِّيُطَهِّرَكُم بِهِ وَيُذْهِبَ عَنكُمْ رِجْزَ الشَّيْطَانِ وَلِيَرْبِطَ عَلَى قُلُوبِكُمْ وَيُثَبِّتَ بِهِ الأَقْدَامَ

(Ingatlah), ketika Allah menjadikan kamu mengantuk sebagai suatu penenteraman daripada-Nya, dan Allah menurunkan kepadamu hujan dari langit untuk mensucikan kamu dengan hujan itu dan menghilangkan dari kamu gangguan-gangguan syaitan dan untuk menguatkan hatimu dan mesmperteguh dengannya telapak kaki(mu). (QS 8, Al-Anfal: 11).


Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: